Langsung ke konten utama

HUBUNGAN ANTARA KESUKSESAN DENGAN SHOLAT



Anda Ingin Sukses
dan Selamat

Rajinlah
KAJIAN SHOLAT
1. SHOLAT DAN GERAK
2. SHOLAT NAIK-TURUN
3. TANGAN  DAN KAKI
4. SHOLAT DAN ENERGI
5. SHOLAT DAN HURUF
6. RAHASIA ANGKA 17
7. SABAR-SHOLAT-KHUSYU’


KENAPA SHOLAT

 MEMAKAI GERAKAN


TANDA HIDUP  ADALAH  GERAK
   
SHOLAT  JUGA  GERAK

(
RUKU’  SUJUD  I’TIDAL DUDUK  BERDIRI )

MATI
  TIDAK  GERAK

SHOLAT ORANG MATI
( SHOLAT JANAZAH )
TIDAK GERAK
(
TIDAK RUKU’  DAN  TIDAK  SUJUD )
HIDUP                  SHOLAT





GERAK
TIDAK  BISA  DIPISAHKAN
APA INI SINDIRAN
BAHWA
YANG HIDUP HARUS SHOLAT

YANG SHOLAT BERARTI HIDUP

YANG TIDAK SHOLAT BERARTI MATI
YANG MATI TIDAK GERAK
الم تر ان الله يسبح له من فى السموت والارض
والطير صفت كل قدعلم صلاته وتسبيحه
والله عليم بما يفعلون

TIDAKKAH KAMU TAHU BAHWASANNYA KEPADA ALLAHLAH
BERTASBIH APA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI DAN (JUGA)
BURUNG DENGAN MENGEMBANG
KAN SAYAPNYA.MASING-MASING
MENGETAHUI (
CARA) SHOLAT DAN
TASBIHNYA…..
SURAT 24 AYAT 41
GERAK DALAM HIDUP
NAMANYA
BERAKTIFITAS  ATAU  BERBUAT
GERAK YANG BAIK ADALAH GERAK YANG DIATUR
BERARTI
HIDUP YANG BAIK ADALAH HIDUP YANG DIATUR

 
SHOLAT MEMBERIKAN PELAJARAN
BAHWA

HIDUP INI DIATUR
YANG WAJIB SHOLAT
ADALAH

YANG  SADAR
YANG GILA TIDAK WAJIB
SHOLAT
DI SA’AT SHOLATPUN SEHARUSNYA SADAR KALAU
SEDANG MENJALANKAN
SHOLAT
APA SEHARUSNYA SEPERTI
ITU ?
BAGAIMANA DENGAN
KEADAAN
SHOLAT KITA ?
YANG MENJADI PERTANYAAN
ADALAH

SEBERAPA BESAR UPAYA KITA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SA’AT SHOLAT ?
SHOLAT MEMBERIKAN
PELAJARAN
KESADARAN
BAHWA
HIDUP INI DIATUR
LALU
SIAPA YANG MENGATUR HIDUP ?
YANG MENGATUR HIDUP
ADALAH
YANG
PERTAMA KALI
DISEBUT DALAM SHOLAT

(
الله اكبر  )
SADAR BAHWA HIDUP INI
DIATUR
MERUPAKAN
BUAH DARI SHOLAT
ALANGKAH INDAHNYA
KEHIDUPAN YANG DIDASARI DENGAN KESADARAN
BAHWA
HIDUP INI ADA YANG MENGATUR
BETAPA TENANGNYA
ORANG TERSEBUT
DALAM KEHIDUPAN INI

TENANG DALAM HIDUP
DIGAMBARKAN DENGAN

TUMA’NINAH DALAM SHOLAT

(
DIAM SETELAH BERGERAK )
 
MAKANYA
DALAM SHOLAT
SETELAH GERAK HARUS BERHENTI SEJENAK
(
TUMA’NINAH )
DENGAN DEMIKIAN

SEBENARNYA  ALLAH
MENGHENDAKI

KETENTRAMAN
BAGI YANG SHOLAT

ORANG YANG
SHOLAT
SEMESTINYA HIDUP DAN KEHIDUPANNYA
TENANG & TENTRAM
(
TUMA’NINAH )
BAGAIMANA DENGAN PERASAAN & KEADAAN KITA
SUDAHKAH BERBUAH
SEPERTI ITU ?

PADAHAL
KITA SHOLAT SUDAH LAMA
ALLAH  BERFIRMAN

الابذكرالله تطما ن القلوب

ARTINYA ; INGATLAH,HANYA DENGAN
MENGINGAT ALLAH HATI MENJADI
TENTRAM

( SURAT 13: 28 )

AKHIRNYA
WALAUPUN HIDUP MENGHADAPI
MASALAH
  ( GERAK )
TETAPI
HATI TETAP TENTRAM
(
TUMA’NINAH )
ITULAH  SEBABNYA
MAKA
SETIAP
GERAKAN PASTI NAMA
ALLAH  DISEBUT

 الله اكبرATAU سمع الله لمن حمده 
AKHIRNYA
ORANG YANG SHOLAT
SEHARUSNYA SADAR
BAHWA
 
HUBUNGAN
DENGAN
ALLAH 
SEMESTINYA TIDAK BOLEH PUTUS
JIKA KITA PERHATIKAN
SHOLAT ITU DI AWALI
BERDIRI
DI AKHIRI
DUDUK
KALAU BOLEH DI GAMBARKAN

SHOLAT DI IBARATKAN
SEPERTI GAMBARAN
NAIK  TURUN
SHOLAT  NAIK  TURUN


                                                                                                                                               
              
KARENA SHOLAT ADA HUBUNGANYA DENGAN HIDUP DAN KEHIDUPAN

MAKA
HIDUP & KEHIDUPAN ITU
NAIK  TURUN
KALAU MEMANG KEHIDUPAN
ITU BENAR-BENAR
NAIK TURUN
DAN TIDAK BISA LEPAS
DARI KONDISI ITU

SADARLAH
BAHWA DALAM KEHIDUPAN
INI ADA YANG MENGUASAI


SIAPA  DIA ?
ITULAH   DIA
الله
YANG SELALU DISEBUT
DALAM SETIAP GERAKAN
DIA  ( ا لله )
SELALU DISEBUT SETIAP
PERPINDAHAN GERAKAN
YAITU DENGAN UCAPAN
الله اكبر
ATAU
سمع الله لمن حمده
DISEBUT SETIAP
PERPINDAHAN GERAKAN
MAKSUDNYA

SA’AT
NAIK ,ALLAH DISEBUT
SA’AT
TURUN, ALLAH  DISEBUT  JUGA
SEBENARNYA
KITA
DI INGATKAN OLEH ALLAH

DALAM MENGHADAPI HIDUP
DAN KEHIDUPAN INI
 
DALAM MENGARUNGI KEHIDUPAN INI
TIDAK BISA LEPAS DARI KEADAAN

NAIK DAN TURUN
DALAM  HIDUP  DAN  KEHIDUPAN
TIDAK  BISA  LEPAS  DARI
SYUKUR & SABAR
DARI GAMBARAN DI ATAS
DAPAT DIAMBIL PELAJARANNYA
BAHWA
SHOLAT BERBUAH SYUKUR DAN SABAR
                                                  
APA SYUKUR ITU ?

SYUKUR
ADALAH MENGGUNAKAN NI’MAT SESUAI DENGAN KEHENDAK YANG MEMBERI NI’MAT
(
ALLAH )
APA BUAH DARI BERSYUKUR ?
لئن شكرتم لازيد نكم

ARTINYA : SESUNGGUHNYA JIKA KAMU
BERSYUKUR,PASTI KAMI AKAN MENAM
BAH
 ( NI’MAT ) KEPADAMU


(SURAT 14 AYAT 7)
DARI GAMBARAN SHOLAT
NAIK TERSEBUT
DAPAT DIAMBIL PELAJARANNYA

BAHWA SHOLAT MENGUNDANG
TAMBAHNYA NI’MAT
TURUN BERARTI SABAR

APA
SABAR ITU ?

SABAR
ADALAH  MENAHAN DIRI HANYA IKUT ALLAH
SAJA ( APAPUN KONDISINYA )
APA BUAH SABAR ITU ?
والله يحب الصبرين


ARTINYA : ALLAH MENCINTAI ORANG
ORANG YANG SABAR
SURAT 3 AYAT 146

BUAH SABAR ADALAH
DICINTAI ALLAH
سلام عليكم بما صبرتم

ARTINYA : SELAMAT ATASMU (MASUK
SURGA ) KARNA
KESABARANMU

SURAT 13 AYAT 24

BUAH SABAR
MASUK SURGA
AKHIRNYA DENGAN SHOLAT
SADARLAH KITA
BAHWA

GERAKAN SHOLAT TERNYATA
ADA
PELAJARANNYA
TIDAK ADA YANG SIA-SIA
IBADAH YANG DIBERIKAN
ALLAH PADA KITA

INGAT

INI BARU
GERAKAN
BELUM YANG LA INNYA
ان الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر

ARTINYA : SESUNGGUHNYA SHOLAT
ITU
MENCEGAH DARI ( PERBUATAN
PERBUATAN )
KEJI  DAN  MUNGKAR

( SURAT 29 AYAT 45 )
BAGAIMANA DENGAN KEADAAN DIRI KITA
APA SUDAH BERBUAH SEPERTI ITU ?

PADAHAL KITA SHOLAT SUDAH LAMA

KITA SHOLAT SUDAH PULUHAN TAHUN
KALAU SAMPAI SEKARANG AKHLAK KITA BELUM BAIK

SEMESTINYA
KITA KOREKSI DIRI
APA SHOLAT KITA BELUM BAIK
K A P A N………….
KAPAN LAGI
USIA SEMAKIN BERTAMBAH
KESEMPATAN SEMAKIN SEMPIT
KALAU KITA PERHATIKAN
SHOLAT ITU DARI ATAS KE BAWAH DAN DARI BAWAH KE ATAS
                
 
                            
                                            

DARI ATAS KE BAWAH DAN SEBALIKNYA
KALAU BOLEH DIGAMBARKAN IBARAT GARIS
VERTIKAL



SEDANG SALAM KE KANAN DAN KE KIRI KALAU BOLEH DIGAMBARKAN IBARAT GARIS
HORIZONTAL
DUA GARIS TERSEBUT
(
VERTIKAL & HORIZONTAL )
KALAU DIGABUNGKAN MENJADI (
PLUS )
 MANUSIA TERBUAT DARI TANAH
SEDANG
TANAH ITU
 
NEGATIF
PLUS & MINUS INI IBARAT BATERAI ATAU AKI YANG SIAP DI ISI
SHOLAT = MENGISI DAYA DAN KEKUATAN DARI ALLAH
PERHATIKAN ADZAN
حي على الصلا ة

JAWABNYA
لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

KEKUATAN    DAYA
SEBENARNYA SA’AT SHOLAT SEDANG MENGISI ENERGI / DAYA / KEKUATAN

OLEH KARNANYA SA’AT SHOLAT ISINYA

DZIKIR ( ذ كر  )
YANG MENJADI PERTANYAAN ADALAH
SEBERAPA BANYAK SAMBUNG DENGAN ALLAH SA’AT SHOLAT
DI SITULAH LETAK KWALITAS SHOLAT

DI SITU PULA LETAK ENERGI YANG KITA SERAP

YANG ERAT HUBUNGANNYA
DENGAN KEMAMPUAN
MENCEGAH DIRI DARI PERBUATAN KEJI DAN MUNGKAR
APA DZIKIR (ذ كر ) ITU ?
YAITU
INGAT KEPADA ALLAH
NYAMBUNG DENGAN ALLAH
TIDAK PUTUS HUBUNGAN DENGAN ALLAH
GAMBARAN DZIKIR ( ذ كر )
  ذ URUTAN HURUF KE  9
 ك URUTAN HURUF KE  22
ر  URUTAN HURUF KE  10
9 + 22 + 10 = 41

4 + 1 = 5
SURAT KE 5 = AL-MAIDAH
(
HIDANGAN )
HIDANGAN UNTUK KEHIDUPAN DAN KEKUATAN
      
ا   ب   ت   ث    ج    ح    خ    د    ذ    ر  
           10     9     8      7       6       5        4      3     2     1
ز  س   ش   ص   ض    ط    ظ   ع   غ   ف          
                    20   19   18   17    16    15      14     13    12  11
ق  ك   ل    م   ن   و    ه    لا    ء     ي
                    30      29     28     27   26   25    24   23   22  21
    
فا ذ كروا ني اذ كر كم

INGATLAH (DZIKIRLAH ) KAMU
SEKALIAN
KEPADAKU NISCAYA
AKU INGAT ( PULA ) KEPADAMU

SURAT  2  AYAT  152
SALAH SATU FUNGSI HIDANGAN ADALAH UNTUK KEKUATAN
SHOLAT 17 ROKA’AT
NAMA SHOLAT
17 HURUF JUGA
     =  3 HURUF  صبح
= 
3  HURUF         ظهر 
=  3 HURUF        عصر
  =  4  HURUF      مغرب
 
 =  4  HURUF    عشاء
DENGAN DEMIKIAN HURUF ADA HUBUNGANNYA DENGAN
    
ROKA’AT  SHOLAT
 YAITU :
17  ROKA’AT
17 HURUF      
BETAPA INDAHNYA ALLAH
MENATA SEGALANYA
TERMASUK
NAMA DAN JUMLAH HURUF SERTA
JUMLAH ROKA’AT
HURUF SAJA DITATA BEGITU
INDAH
SEMESTINYA
MANUSIA JUGA
INDAH KALAU MAU DITATA
OLEH ALLAH
DARI SINI DAPAT DIAMBIL
MAKNANYA
SEMESTINYA ORANG
YANG
SHOLAT MUDAH DITATA
OLEH ALLAH
17

1+7 = 8
HURUF HIJAIYAH NOMER
8
ADALAH HURUF

 
( DAL )د
URUTAN HURUF HIJAIYAH
ا  ب  ت  ث  ج  ح  خ  د  ذ  ر
10    9    8    7    6     5     4       3       2   1
ADA APA DIBALIK HURUF د
HURUF DAL KALAU DIGAMBAR SEPERTI
GAMBAR SUJUD
DENGAN DEMIKIAN 
17 PERLAMBANG  SUJUD
DAN
SUJUD ITU YA SHOLAT

17  =  SUJUD  =  SHOLAT
 APA BETUL HURUF DAL  ITU
SUJUD
د ا ل
   
8    =  د
   
1    =   ا
   
23  =  ل
8+1+23= 32
SURAT 32 = AS SAJDAH
(
SUJUD )
URUTAN HURUF HIJAIYAH
ا   ب   ت   ث    ج    ح    خ    د    ذ    ر  
   10     9     8      7       6       5        4      3     2     1
ز  س   ش   ص   ض    ط    ظ   ع   غ   ف 
     20   19   18   17    16    15      14     13    12  11
ق  ك   ل    م   ن   و    ه    لا    ء     ي 
  30    29     28     27   26   25    24   23   22  21
ALANGKAH TEPATNYA
 ALLAH  MEMILIH 
17
TERNYATA TIDAK SEMBARANG  BILANGAN
YANG  ALLAH PILIH
17 ADALAH 8 ( 1+7 )
PINTU SORGA ADA 
8
في الجنة ثما نية ابواب
ARTINYA : DI SURGA TERDAPAT 8 PINTU

( HADIS RIWAYAT BUKHORI )
DARI SINI BISA DIAMBIL PEMAHAMANNYA
ORANG YANG SHOLAT
17 ROKA’AT
PANTAS
MASUK SURGA
( 17 = 8 PINTU SORGA = 8 )
17
SETIAP
1 ROKA’AT HARUS
MEMBACA
7 AYAT

( SURAT AL-FATIHAH )
واستعينوا بالصبر والصلاة وانها لكبيرة
الا على
الخشعين
ARTINYA : DAN MINTALAH PERTOLONGAN ( KEPADA ALLAH )
DENGAN
SABAR DAN SHOLAT.
DAN
SESUNGGUHNYA YANG DEMIKIAN
ITU SUNGGUH BERAT,KECUALI
BAGI ORANG-ORANG YANG

 
KHUSYU’                                                                                     
 
SURAT 2 AYAT 45
SABAR           SHOLAT
( SABAR DULU BARU SHOLAT )

WUDHU         SHOLAT
(
WUDHU DULU BARU SHOLAT )

APA ADA HUBUNGAN ANTARA SABAR DENGAN WUDHU ?
DIMANA HUBUNGANNYA
?
1
BERWUDHU DIAWALI DENGAN MENCUCI TANGAN TERLEBIH DAHULU
APA MAKNANYA ?
TANGAN LAMBANG KEKUASAAN
TANGAN DICUCI
BERARTI

KEKUASAAN BERSIH

(
TIDAK MENYALAHI ATURAN )

BUKANKAH YANG SEPERTI INI MEMBUTUHKAN KESABARAN
BUKANKAH MANUSIA DIBERI KEBEBASAN MEMILIH ?
MEMILIH
YANG BENAR BERSIH
BUKANKAH MEMBUTUHKAN KESABARAN
2
SETELAH MENCUCI TANGAN DILANJUTKAN DENGAN
BERKUMUR
APA MAKNANYA ?
BERKUMUR MEMBERSIHKAN
MULUT
MAKNANYA
PEMBICARAAN
 MAKANAN DAN MINUMAN
BERSIH
( HALAL )
3
MENGHIRUP AIR KE HIDUNG

APA MAKNANYA ?
HIDUNG UNTUK PENCIUMAN
BAU

HARUM           BUSUK
BAU HARUM DIHIRUP DIMASUKKAN
MAKNANYA
YANG DISERAP DIMASUKKAN KEDALAM DIRINYA IALAH YANG BAIK SAJA
4
MEMBASUH MUKA / WAJAH
APA MAKNANYA ?

WAJAH UNTUK MENGHADAP
BUKANKAH
DIMANAPUN KITA MENGHADAP DISITULAH WAJAH ALLAH
DIMANAPUN  DAN KAPANPUN KITA BERADA
MERASA DIPERHATIKAN ALLAH


MERASA JIWANYA DITANGAN ALLAH
فاينما تولوا فثم وجه الله

MAKA KEMANAPUN KAMU
 MENGHADAP DI SITULAH WAJAH ALLAH


SURAT  2  AYAT  115
APA WAJAH YANG BERSIH /
YANG WUDHU
DIMANAPUN BERADA
MERASA DISITULAH
ALLAH


APAKAH YANG SEPERTI INI
MEMBUTUHKAN
 KESABARAN
5
MEMBASUH KEDUA TANGAN
APA MAKNANYA

BERKUASA TETAPI BERSIH
DARI PELANGGARAN

APA YANG SEPERTI INI
MEMBUTUHKAN KESABARAN


6
MENGUSAP KEPALA
APA MAKNANNYA ?

BERFIKIR JERNIH BERKEPALA DINGIN

(
TIDAK MUDAH MARAH )
7
MENGUSAP DUA TELINGA
APA MAKNANYA

BERSIH PENDENGARAN
BUKANKAH
YANG DEMIKIAN INI MEMBUTUHKAN KESABARAN
8
MEMBASUH DUA KAKI
APA MAKNANYA ?
BENAR DALAM MELANGKAH
BUKANKAH
 HIDUP INI MELANGKAH KE DEPAN

BUKANKAH
DEPAN YANG SESUNGGUHNYA
ADALAH AKHIRAT
9
BERDO’A
اللهم اجعلني من التوابين

YA ALLAH JADIKAN SAYA TERMASUK ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT
10
واجعلني من المتطهرين


YA ALLAH JADIKANLAH SAYA TERMASUK ORANG-ORANG YANG MENSUCIKAN DIRI
(
BERSIH / SUCI )
11
واجعلني من عبادك الصالحين

YA ALLAH JADIKANLAH SAYA
 TERMASUK
HAMBA-HAMBAMU YANG SHOLEH
SETELAH SELESAI WUDHU DALAM ARTI PERBUATAN BARU MASUK SHOLAT

BUKANKAH SEBELUM
SHOLAT SUDAH BERSIH DULU DARI PERBUATAN KOTOR
SETELAH KONDISI BERSIH SUCI
BARU MENGHADAP YANG MAHA SUCI
INSYA ALLAH SAMBUNG
DENGAN
YANG MAHA SUCI

WUDHU    SHOLAT   SAMBUNG
 
AIR
LAMBANG KEHIDUPAN

وجعلنا من الماء كل شيء حي


DAN DARI AIR KAMI JADIKAN
SEGALA SESUATU YANG
HIDUP


SURAT  21  AYAT  30
AIR
LAMBANG  KEBENARAN


BUIH
LAMBANG    KEBATILAN

SURAT  13  AYAT  17
YANG BERWUDHU
BERARTI HIDUP


YANG BERWUDHU
BERARTI BENAR

YANG BERWUDHU
BERARTI BERSIH
WUDHU DENGAN AIR

BERMAKNA
YANG BERWUDHU

HIDUP        
BERSIH          SUCI    BENAR
SELAMAT KULIAH
DAN SUKSES


Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI MANUSIA DAN AYAT ALQUR'AN YANG BERKAITAN DENGAN POTENSI MANUSIA

POTENSI  MANUSIA A.    Pengertian Potensi Manusia Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Manusia menurut agama islam adalah makhluk Allah yang potensial.  Dalam al-Qur'an, ada tiga kata yang menunjuk pada manusia,   yang   di gunakan adalah basyar insan atau nas dan bani Adam . Kata basyar  diambil dari  akar  kata yang  berarti ‘penampakan sesuatu dengan baik dan  indah’. Dari  kata  itu juga, muncul kata basyarah yang artinya ‘kulit’. Jadi, manusia disebut basyar karena kulitnya tampak jelas  dan berbeda  dengan kulit binatang. Manusia dipilih oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi. Alasan mengapa dipilih sebagai khalifah karena manusia memiliki berbagai potensi. B.     Macam-Macam Potensi Manusia Manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu: 1. Potensi Fisik (Psychomotoric) Pot

SHOLAT TARAWIH (HUJJAH AHLUSSUNAH WAL JAMA'AH)

الــــــــتراويح ان كا هنا خلاف, فهو ايضا مما ينبغي عدم تبادل الإنكار بشأنه. و هي عندنا نحن الشافعيه, بل و في مذهب اهل السنة و الجماعة عشرون ركعة. و هي سنة عين    مؤكـدة للرجال و النساء عند الحنفية و الشافعية و الحنابلة و المالكية. و تسن فيها الجماعة عينا عند الشافعية و الحنابلة. و المالكية قالوا : الجماعة فيها مندوبة. و الحنفية قالوا : الجماعة فيها سنة كـفاية لأهل الحي, فلو قام بعضهم سقط الطلب عن الباقين. و قد اثبت سنـيتها الأئمة بفعل النـبي صلى الله عليه و سلم. فقد روى الشيخان, انه صلى الله عليه و سلم خرج من جوف الليل ليالي من رمضان. و هي ثلاث متفرقة : ليلة الثالث و الخامس و السابع و العشرين. و صلى في المسجد و صلى الناس بصلاته فيها. و كان يصلي بهم ثمان ركعات    (أي بأربع تسليمات كما سيأتي), و يكملون باقيها في    بيوتهم (أي حتى    تتم عشرون    ركعة لما يأتي). فكان يُسمَع لهم ازيز كأزيز    النحل. و من هذا يتـبـين ان النـبي صلى الله عليه و سلم سـن لهم التراويح و الجماعة فيها, و لكـنه لم يصل بهم عشرين ركـعة, كما جرى عليه العمل من عهد الصحابة و من بعدهم الى الآن. و لم يخرج    صل

USHUL FIQH, ISTIHSAN ,MASLAHAH,MURSILAH, URF, ISTIHSAB,SADDU ADDARIYAH DAN MADZHAB SAHABAT

BAB II PEMBAHASAN A.     PENGERTIAN ISTIHSAN, MASHALAH MURSILAH, URF, ISTISHAB, SADDU ALDARIAH DAN MADZHAB SAHABAT  Sumber fiqh adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Quran, Sunnah dan Ijma. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas. Di samping itu ada beberapa sumber lain yang merupakan sumber turunan dari sumber di atas, seperti Istihsan, Masalihul mursalah, Urf, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa semua dalil-dalil yang ada bersumber dan berdasarkan dari satu sumber; Al Quran. Karena Imam Syafi'i mengatakan,"Sesungguhnya hukum-hukum Islam tidak diambil kecuali dari nash Al Quran atau makna yang terkandung dalam nash." Menurutnya, tidak ada hukum selain dari nash atau kandungan darinya. Meski, Imam Syafii membatasi maksudnya "kandungan nash" hanya dengan qiyas saja