Langsung ke konten utama

KHR. AS'AD membaca kitab ihya di depam Al ghozali

KHR. AS'AD MEMBACA KITAB IHYA' DI DEPAN AL GHAZALI.

Pada Hari bulan dan tahun berapa tidak disebutkan dengan jelas.  Pada suatu saat KHR. As'ad datang ke Sayyid Amin Kutbi Makkah Al-Mukarromah (1327-1406 H.), Kiai As'ad menyampaikan isi hatinya kalau ingin istifadah kitab Ihya' Ulumuddin kepada beliau, mendengar apa yang disampaikan Kiai As'ad tersebut Sayyid Amin bilang silahkan langsung istifadah sama Hujjatul Islam al Ghazali, sudah nunggu di Kamar, kemudian kiai As'ad masuk kamar selama kurang lebih 15 menit ada' kitab Ihya' kepada muallifnya (pengarang) langsung.
Atas kejadian ini kiai As'ad pernah menyampaikan kepada almarhum KH. Zahrowi Musa. Ketika beliau berkunjung ke rumahnya Jln cempaka kota situbondo setelah melihat gambar imajinatif imam al-Ghazaly dengan rambut gondrong dan botak (sebagaimana gambar yang umum). Kiai As'ad mengatakan ini bukan foto Al Ghazali, yang saya tahu tidak demikian. Kemudian beliau cerita kisah pertemuannya dengan al Gazaly.
نفعنا الله بعلومهم وبركاتهم وأسرارهم الفاتحة :  .......
Pada tahun 1986 Kiai As'ad Syamsul Arifin bersma KH. Zahrowi Musa sekitar Jam 8 pagi berkunjung ke almarhum KH. Mukhtar Syafa'at Banyuwangi Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung... Sampai di depan kediaman Kiai Mukhtar Syafaat beliau turun Langsung naik ke masjid solat dua rokaat, jarang sekali beliau melakukan seperti itu. Setelah selesai shalat kiai As'ad menceritakan mengapa shalat dua rakaat. Beliau mengatakan sedang Tabarrukan kepada Imam Ghazali. Imam Ghazali baru duduk dan solat di tempat ini dan bekasnya masih hangat (dawuh kiai As'ad). Imam Ghazali hadir ketika Kiai Mukhtar Syafa'at molang (ngajar) kitab Ihya' tadi. (waktu itu Kiai Syafa'at rutin membaca kitab Ihya' setiap pagi yang diikuti para santri Blok Agung).
  أمدنا الله بأسرارهما وبركاتهما
الفاتحة.
Dua kiasah itu saya dengar langsung dari almarhum KH. Zahrowi Musa Pada tahun 1989 di Gunung Sari Surabaya)

Dikisahkan oleh:
Ust. H.A. Muhyiddin Khotib

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI MANUSIA DAN AYAT ALQUR'AN YANG BERKAITAN DENGAN POTENSI MANUSIA

POTENSI  MANUSIA A.    Pengertian Potensi Manusia Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. Manusia menurut agama islam adalah makhluk Allah yang potensial.  Dalam al-Qur'an, ada tiga kata yang menunjuk pada manusia,   yang   di gunakan adalah basyar insan atau nas dan bani Adam . Kata basyar  diambil dari  akar  kata yang  berarti ‘penampakan sesuatu dengan baik dan  indah’. Dari  kata  itu juga, muncul kata basyarah yang artinya ‘kulit’. Jadi, manusia disebut basyar karena kulitnya tampak jelas  dan berbeda  dengan kulit binatang. Manusia dipilih oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi. Alasan mengapa dipilih sebagai khalifah karena manusia memiliki berbagai potensi. B.     Macam-Macam Potensi Manusia Manusia memiliki potensi diri yang dapat dibedakan menjadi 5 macam, yaitu: 1. Potensi Fisik (Psychomotoric) Pot

SHOLAT TARAWIH (HUJJAH AHLUSSUNAH WAL JAMA'AH)

الــــــــتراويح ان كا هنا خلاف, فهو ايضا مما ينبغي عدم تبادل الإنكار بشأنه. و هي عندنا نحن الشافعيه, بل و في مذهب اهل السنة و الجماعة عشرون ركعة. و هي سنة عين    مؤكـدة للرجال و النساء عند الحنفية و الشافعية و الحنابلة و المالكية. و تسن فيها الجماعة عينا عند الشافعية و الحنابلة. و المالكية قالوا : الجماعة فيها مندوبة. و الحنفية قالوا : الجماعة فيها سنة كـفاية لأهل الحي, فلو قام بعضهم سقط الطلب عن الباقين. و قد اثبت سنـيتها الأئمة بفعل النـبي صلى الله عليه و سلم. فقد روى الشيخان, انه صلى الله عليه و سلم خرج من جوف الليل ليالي من رمضان. و هي ثلاث متفرقة : ليلة الثالث و الخامس و السابع و العشرين. و صلى في المسجد و صلى الناس بصلاته فيها. و كان يصلي بهم ثمان ركعات    (أي بأربع تسليمات كما سيأتي), و يكملون باقيها في    بيوتهم (أي حتى    تتم عشرون    ركعة لما يأتي). فكان يُسمَع لهم ازيز كأزيز    النحل. و من هذا يتـبـين ان النـبي صلى الله عليه و سلم سـن لهم التراويح و الجماعة فيها, و لكـنه لم يصل بهم عشرين ركـعة, كما جرى عليه العمل من عهد الصحابة و من بعدهم الى الآن. و لم يخرج    صل

USHUL FIQH, ISTIHSAN ,MASLAHAH,MURSILAH, URF, ISTIHSAB,SADDU ADDARIYAH DAN MADZHAB SAHABAT

BAB II PEMBAHASAN A.     PENGERTIAN ISTIHSAN, MASHALAH MURSILAH, URF, ISTISHAB, SADDU ALDARIAH DAN MADZHAB SAHABAT  Sumber fiqh adalah dalil-dalil yang dijadikan oleh syariat sebagai hujjah dalam pengambilan hukum. Dalil-dalil ini sebagian disepakati oleh ulama sebagai sumber hukum, seperti Al Quran, Sunnah dan Ijma. Sebagian besar ulama juga menetapkan Qiyas sebagai sumber hukum ke empat setelah tiga sumber di atas. Di samping itu ada beberapa sumber lain yang merupakan sumber turunan dari sumber di atas, seperti Istihsan, Masalihul mursalah, Urf, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa semua dalil-dalil yang ada bersumber dan berdasarkan dari satu sumber; Al Quran. Karena Imam Syafi'i mengatakan,"Sesungguhnya hukum-hukum Islam tidak diambil kecuali dari nash Al Quran atau makna yang terkandung dalam nash." Menurutnya, tidak ada hukum selain dari nash atau kandungan darinya. Meski, Imam Syafii membatasi maksudnya "kandungan nash" hanya dengan qiyas saja