RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :SMA/MA
Mata Pelajaran :Bahasa Arab
Kelas / Semester :XI/I
Tahun
Pelajaran :2016/2017
Alokasi Waktu :1 X 20 Menit
Standard
Kompetensi :Membaca dan Menghafal Dialog percakapan
secara lancar dan Benar
A. Kompetensi Dasar :
Membaca
dialog percakapan bahasa arab dan
menghafal arti kosakata bahasa arab dengan lancar dan benar
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa /siswi dapat:
1.
Melafalkan dialog percakapan bahasa arab
dengan fasih
2.
Melafalkan dialog percakapan bahasa arab dengan benar sesuai i’robnya.
3.
Mengetahui arti dari kosakata yang ada dalam dialog percakapan arab
4.
Mempraktekkan dialog percakapan bahasa arab dengan benar.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa/siswi dapat mempraktekan dialog percakapan bahasa arab dengan baik
dan benar setelah mendengarkan dan melihat dialog percakapan bahasa arab yang
di contohkan guru.
2.
Siswa/siswi dapat memahami arti keseluruhan dialoh percakapan bahasa arab
setelah mengetahui arti kosakata mufrodatnya sebagaimana yang telah di
contohkan guru dikelas.
D.
Materi Pembelajaran
Dialog
percakapan Bahasa Arab
E.
MetodePembelajaran
1.
Pendekatan : Active learning
2.
Metode : Audio lingual
F.
Media, Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media : Teks bacaan, Program slide dan gambar
2.
Alat : power point, laptop
3.
Sumber : LkS bahasa arab kelas XI untuk SMA, Semester
ganjil
G.
Langkah-langkah Pembelajaran:
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
Ø Pembukaan pembelajaran
Ø Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar
para peserta didik
Ø Guru mengabsent jumlah siswa yang hadir.
Ø Guru memberikan pengenalan tentang materi
yang akan disampaikan secara sederhana
|
5
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Ø Guru membaca dialog percakapan secara
berulang – ulang
Ø Siswa/siswi menyimak bacaan dialog yang
dibaca guru
Ø Siswa /siswi menirukan perkata/kalimat
dialog yang di baca guru sambil menghafal
Ø Guru membaca terjemah dari dialog
percakapan tersebut baik pekata maupun perkalimat.
Ø Siswa/siswi menyimak terjemah dari dialog
percakapan yang dibaca guru
Ø Siswa /siswi menirukan terjemah
perkata/kalimat dialog yang di baca guru sambil menghafal
Ø Siswa/siswi mempraktekkan dialog yang telah
dibaca guru di depan kelas dan didengarkan oleh teman – teman siswa lain
secara bergantian
|
12 menit
|
3.
|
Penutup
Ø Guru membacakan kembali dialog percakapan
satu kali
Ø Guru mengadakan post test dengan cara tanya
jawab arti mufrodat kosa kata arab max 3 pertanyaan
|
3
menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian :Penilaian
unjuk kerja
2.
Bentuk
penilaian :lembar penilaian
unjuk kerja
3.
Instrument
penilaian
NO
|
NAMA
|
KEMAMPUAN
MEMBACA
|
KEMAMPUAN MENGHAFAL
|
PERILAKU
|
|||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
*Keterangan
1.membaca
lancar dan benar = 81 – 100
2.membaca
benar dan kurang lancar = 61 – 80
3.membaca
terbata – bata = 41 -60
Penyusun
Ahmad Mustangin
عيا دة المريض
الا صدقاء :السلا م عليكم يا وحيو دى
وحيودى : وعليكم السلام ورحمة الله
وبركا ته
فيصال : لما ذا غِبْتَ عَنِ الدِّ
رَسَةِ طُو لَ أُسْبُوْعٍ يا اخِي ؟ ما ذا
اَصَا بك َ
وحيودى :قَدْ فَا ضَ النَّهْرُ
خَلْفَ بَيْتِى حتَّى يفِيضُ هذا البَيْتَ يَومَيْنَ
سبتيان : ما شاء الله ! وما ذا حدث
بعد ذلك
وحيودى :لمَّا خبا الفَيْضَا ن ،نحن
نُنَظِّفُ الْبيتَ فِى الصَّبا ح وبدأ ان اَشْعر بِصُداعٍ شدِ يْدٍ في النَّها رِ
وارْتَفَعَتْ درَجَةُ
حرَارَتى بِسببِ الحُمَّى فى الَيْلِ
Menjenguk orang sakit
Teman :assalamu’alaikum wahai
wahyudi,(semoga keselamatan selalu
menyertaimu}
Wahyudi :Waalaikum salam wr, wb begitu juga
engkau, semoga keselamatan,
rahmat dan
keberkahanya menyertaimu
Faishol :kemana aja kamu absen dalam pelajaran selama satu
minggu, wahai
saudaraku,,.! Ada apa dengan kamu ?
wahyudi :Sungai belakang rumahku
banjir,sehingga membajiri rumah sampai
dua hari
septiyan :masyaalloh! Dan apa yang kamu
kerjakan setelah itu.
Wahyudi :setelah banjir itu surut, kita
membersihkan rumah pada paginya,
setelah itu saya merasa sangat pusing pada siangnya dan
malam
harinya suhu panasku
naik sebab demam.
naik ارتفع :
|
temperatur درجة الحرارة:
|
Orang sakit المريض :
|
Absenغبت :
|
Pusing صدا ع :
|
meluap فا ض :
|
sungai : النهر
|
surutخاب :
|
merasakan
: شعر ب
|
Demam الحمَّى :
|
عيا دة المريض
الا صدقاء :السلا م عليكم يا وحيو دى
وحيودى : وعليكم السلام ورحمة الله
وبركا ته
فيصال : لما ذا غِبْتَ عَنِ الدِّ
رَسَةِ طُو لَ أُسْبُوْعٍ يا اخِي ؟ ما ذا
اَصَا بك َ
وحيودى :قَدْ فَا ضَ النَّهْرُ
خَلْفَ بَيْتِى حتَّى يفِيضُ هذا البَيْتَ يَومَيْنَ
سبتيان : ما شاء الله ! وما ذا حدث
بعد ذلك
وحيودى :لمَّا خبا الفَيْضَا ن ،نحن
نُنَظِّفُ الْبيتَ فِى الصَّبا ح وبدأ ان اَشْعر بِصُداعٍ شدِ يْدٍ في النَّها رِ
وارْتَفَعَتْ درَجَةُ
حرَارَتى بِسببِ الحُمَّى فى الَيْلِ
Menjenguk orang sakit
Teman :assalamu’alaikum wahai
wahyudi,(semoga keselamatan selalu
menyertaimu}
Wahyudi :Waalaikum salam wr, wb begitu juga
engkau, semoga keselamatan,
rahmat dan
keberkahanya menyertaimu
Faishol :kemana aja kamu absen dalam pelajaran selama satu
minggu, wahai
saudaraku,,.! Ada apa dengan kamu ?
wahyudi :Sungai belakang rumahku
banjir,sehingga membajiri rumah sampai
dua hari
septiyan :masyaalloh! Dan apa yang kamu
kerjakan setelah itu.
Wahyudi :setelah banjir itu surut, kita
membersihkan rumah pada paginya,
setelah itu saya merasa sangat pusing pada siangnya dan
malam
harinya suhu panasku
naik sebab demam.
naik ارتفع :
|
temperatur درجة الحرارة:
|
Orang sakit المريض :
|
Absenغبت :
|
Pusing صدا ع :
|
meluap فا ض :
|
sungai : النهر
|
surutخاب :
|
merasakan
: شعر ب
|
Demam الحمَّى :
|
ya Alloh istiqomahkanlah tahajjudqw
untuk megerjakan sunnah – sunnah Rasullqw.
Ha